STUDENTS’ PERFORMANCE AND THEIR PROBLEMS IN WRITING AT THE EIGHT GRADE OF SMP NEGERI 8 BUTON TENGAH

Nety Nety, Wawan Sarifudin

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Performa dan permasalahan yang dihadapi oleh siswa kelas VIII dalam Pembelajaran Menulis Bahasa Inggris di SMP Negeri 8 Buton Tengah”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui performa dan permasalahan yang dihadapi oleh siswa kelas VIII dalam pembelajaran Menulis Bahasa Inggris di SMP Negeri 8 Buton Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian berada di SMP Negeri 8 Buton Tengah pada Kelas VIII. Sedangkan subjek penelitian adalah siswa dan guru Bahasa Inggris Kelas VIII SMP Negeri 8 Buton Tengah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan interview, observasi, dan dokumentes yang ada. Sementara, teknik analisis data dilakukan dengan menerapkan langkah-langkah yakni reduksi data, presentasi data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa performa yang ditunjukan oleh siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Buton Tengah adalah kemampuan menulis siswa yang tidak akurat dan tidak lancar. Siswa tidak mampu menghasilkan paragraf yang baik dan benar sesuai dengan kriteria menulis. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan tata bahasa yang salah, kosa kata yang tidak tepat, tanda baca yang tidak tepat, dan isi (konten) serta ide kalimat yang tidak jelas. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti guru yang kurang disiplin, kurangnya fasilitas belajar di sekolah seperti perpustakaan, dan kurangnya motivasi belajar siswa. Ketiga faktor
ini mempengaruhi kemampuan siswa dalam menulis.

Kata Kunci: Performa, permasalahan, pembelajaran menulis


Full Text:

PDF

References


Agus Suriamiharja, dkk. (1996). Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Ahmadi, Mukhsin. (1990). Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: YA3.

Akhadiah, Sabarti. (1994). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Deporter, Bobbi & Mike Hernacki. (2003). Quantum Learning. Jakarta: Kaifa.

Darmiyati, Zuchdi. (1996). Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Proses. Pidato Karya Ilmiah disampaikan pada sidang senat FPBS UNY.

Harmer, Jeremy. (1998). How to Teach English. England: Person Education Limited.

Heaton and Slamet St. Y. (2008). Menulis Merupakan Keterampilan yang Sukar dan Kompleks.

Hermono. (2002). Mengikat Makna. Bandung: Kaifa.

Lyons, John. (1968). Introduction to Theoretical. London: Cambridge University press.

Miles, A.M and Huberman. (1984). Qualitative Data Analysis: a source book of new methods volume 175 from sage library of social research. sage publications.

Stepen, D Krashen. (1981). Second Language Acquistion and Second Language Learning. New York: Pergamon Press.

Syarif Elina, Zulkarnaini, Sumarno. (2009). Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tarigan, H.G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.