Aplikasi Pembelajaran Multimedia Tematik Untuk Siswa Taman Kanak-Kanak
Abstract
Taman kanak–kanak merupakan jenjang Pendidikan anak usia dini dalam bentuk Pendidikan formal. Kurikulum dalam taman kanak–kanak lebih ditekankan pada pemberian rangsangan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani sehingga anak memiliki kesiapan dalam memasuki Pendidikan lebih lanjut. Namun metode pembelajaran peserta didik dalam menerima pengetahuan masih pasif, salah satunya adalah TK yang berada di Desa Lefuto Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi TK Darma Wanita Lau-lua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun Aplikasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Anak Usia Dini (PAUD). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode tahapan pembuatan aplikasi yang diawali dengan mengumpulkan semua data yang berkaitan dengan perancangan dan pembuatan aplikasi. Penelitian ini menghasilkan aplikasi yang dapat membantu para pengajar dalam memberikan materi belajar kepada siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sunaryodkk (2015). Aplikasi Media Pembelajaran Tematik Untuk Anak TK Berbasis Android. Fakultas Teknik Universitas Udayan. Vol.3 No. 3. ISSN : 2252-3006.
Widiantoro (2016. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Anak Usia Dini (PAUD). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wulandari (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Subtema Jenis – Jenis Pekerjaan Untuk Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV A Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Malang.Tesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahin.
Maulana dan Firdian (2017). Perancangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif untuk Mata Kuliah Aplikasi Software. JurnalSains Dan Informatika.V3.I2 (89-96) E-ISSN : 2502-096X. P-ISSN :2459-9549.
Mustika dkk (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. JOIN (Jurnal Online Informatika). Volume 2 No. 2. Politeknik Palcomtech Palembang.
Nasol (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Website Melalui Portal Moodle pada kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.
Kurniawati dan Nita (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Journal of Computer and Information Technology. Vol.1, No. 2. E-ISSN: 2579-5317. Madiun.
DOI: https://doi.org/10.55340/jiu.v12i1.1095
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Editorial Address :
Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Jl. Dayanu Ikhsanuddin no.124 Baubau, Sulawesi TenggaraÂ
Jurnal Informatika by Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on work at  https://ejournal.unidayan.ac.id/index.php/JIU