Sistem Informasi Geografis Tempat Wisata di Pulau Wangi-Wangi Berbasis Android
Abstract
Potensi wisata yang ada di pulau Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi sangat menarik wisatawan. Obyek wisata yang ada di pulau Wangi-Wangi terdiri dari wisata budaya, wisata alam, wisata religi, wisata kulner dan ekowisata. Informasi lokasi wisata tersebut masih belum memadai, sehingga dibutuhkan Sistem Informasi Geografis (SIG) berbasis android untuk memudahkan pengguna mendapatkan lokasi wisata. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun aplikasi Sistem Informasi Geografis tempat wisata di pulau Wangi-Wangi berbasis android. Metodologi penelitian yang dilakukan dengan teknik wawancara pada pihak yang bersangkutan dengan obyek wisata, pengamatan langsung pada obyek wisata yang ada di pulau Wangi-Wangi dan studi literature didapatkan dari jurnal penelitian dan artikel yang berhubungan dengan obyek wisata. Penelitian ini menghasilkan aplikasi SIG tempat wisata di pulau Wangi-Wangi Berbasis Android yang dapat memberikan informasi kepada wisatawan informasi wisata berbasis minat yang telah dikategorikan yaitu wisata budaya yang memiliki 17 objek wisata, wisata alam yang memiliki 16 objek wisata, wisata religi yang memiliki 13 objek wisata, wisata kuliner yang memiliki 12 objek wisata dan Ekowisata yang memiliki 14 objek wisata. Obyek wisata yang ditampilkan berisi informasi wisata dan rute menuju tempat wisata tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Data Badan Pusat Statistik Kabupaten Wakatobi, “Jumlah Penduduk Tiap Kecamatan Di Kabupaten Wakatobi Pada Tahun 2018,” BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN WAKATOBI, 2018. https://wakatobikab.bps.go.id/indicator/12/29/1/jumlah-penduduk.html (diakses 16 Maret 2023).
Natsir, “Aplikasi Sistem Informasi Pariwisata Tourism Pada DKI Jakarta Berbasis Android,” jurnal petir, vol. 12, no. 1, hal. 18–26, 2019.
Rindengan, Sambul, Tangalele, “Rancang Bangun Aplikasi Pariwisata di Kabupaten Parigi Moutong Berbasis Android,” jurnal teknik informatika, vol. 14, no. 2, hal. 151–158, 2019.
Retnoningsih; fauziah, “Usability Testing Aplikasi Rekomendasi Objek Wisata Di Provinsi Jawa Barat Berbasis Android Menggunakan USE Questionnaire,” bina insani ict jurnal, vol. 6, no. 2, hal. 205–216, 2019.
Zulkipli, “Pengembangan Aplikasi Pariwisata Sulawesi Barat Berbasis Android,” jurnal of embedded system security and intellegent system, vol. 01, no. May, hal. 48–56, 2020.
Azizi, Ardi dan Swara, Wayan Kresna, “RANCANG BANGUN APLIKASI MEDIA APLIKASI PARIWISATA LAMPUNG”. jurnal cyberarea, vol. 2, no. 3, hal. 1-15, 2022.
Pratama, “Rancang Bangun Potensi Pariwisata Berbasis Aplikasi Android di Kabupaten Tanggamus,” jurnal cyberarea, vol. 2, no. 3, hal. 1–17, 2022.
Irawan dan Rosyani, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur Berbasis Android,” TIN Terap. Inform. Nusant., vol. 2, no. 8, hal. 521–526, Jan 2022, doi: 10.47065/tin.v2i8.1187.
Suryawan, Mohamad, Arif; Asniati, dan Ireno, “Sistem Informasi Geografis Pemetaan Mustahik Pada Baznas Kota Baubau,” J. Inform., vol. 11, no. 1, hal. 10, 2022, doi: 10.55340/jiu.v11i1.1090.
Papuangan, dkk, “PERANCANGAN APLIKASI PARIWISATA MOROTAI BERBASIS ANDROID,” J. Tek. SILITEK, vol. 02, no. 01, 2022.
Suryawan, Mohamad, Arif; Raufun, dan Herlin, “ SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS ANDROID KANTOR DINAS PEMERINTAH KOTA BAUBAU,” Jurnal. Informatka, vol. 11, no. 2, hal. 116–124, 2022.
DOI: https://doi.org/10.55340/jiu.v12i1.1414
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Editorial Address :
Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Jl. Dayanu Ikhsanuddin no.124 Baubau, Sulawesi TenggaraÂ
Jurnal Informatika by Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on work at  https://ejournal.unidayan.ac.id/index.php/JIU