Rancang Bangun Pengembangan Media Pembelajaran Iqra Berbasis Android
Abstract
Iqro merupakan buku teks bacaan Al-Quran. Buku karya KH. As’ad Humam ini ditujukan bagi anak-anak untuk mencapai kemahiran membaca Al-Quran. Buku Iqro terdiri dari 6 jilid dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Kurangnya minat belajar anak dalam mempelajari Iqro dikarenakan kurangnya media interaktif dalam pembelajaran Iqra utamanya yang berbasis android. Untuk itu dirancanglah sebuah aplikasi yang efektif dan efisien dalam penggunaan sehingga meningkatnya motivasi pengguna dalam mempelajari Iqro. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah proses belajar membaca Iqro yang baik dan benar dan sebagai media pengenalan teknologi pembelajaran sehingga dapat menimbulkan ketertarikan dalam pembelajaran Iqro. Metode penelitian yang digunakan adalah pengamatan, wawancara dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini berupa Aplikasi Pembelajaran Bacaan Iqro berbasis Android untuk jilid 1-6 yang mudah digunakan dan dimengerti oleh anak-anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Septary dan A. Hadi, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Iqra’ Interaktif Berbasis Mobile,†Voteteknika, vol. 7, no. 3, hlm. 1, Jul 2019, doi: 10.24036/voteteknika.v7i3.105079.
F. Gitawan, D. Harsono, dan A. Sudrajat, “Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Pada Tkq/Tpq Al-Hikmah Berbasis Android,†JUPITER, vol. 5, no. 2, Okt 2019.
A. A. Anggraini dan M. R. A. Saf, “Aplikasi Pembelajaran Iqra Berbasis Android Menggunakan Speech Recognition Dan Augmented Reality,†JF, vol. 10, no. 2, hlm. 84–89, Agu 2020, doi: 10.37859/jf.v10i2.2051.
F. Tawakal dan D. Wahyuni, “Rancang Bangun Aplikasi Buku Iqro’ Berbasis Android,†Jurnal Informatika, vol. 12, no. 2, 2020.
Y. S. Guntoro dan M. Nawawi, “Pembangunan Program Aplikasi Pembelajaran Iqro Beserta Latihannya Pada Paud As-Salam Berbasis Android,†Jurnal Informatics, vol. 8, no. 2, hlm. 12-29, Apr 2021, doi: 10.57103/informatics.v8i2.58.
H. T. Majid dan S. N. Huda, “Gamifikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah dan Bahasa Arab: Studi Kasus PAUD Terpadu Mutiara Yogyakarta,†AUTOMATA, vol. 1, no. 2, Jun 2020.
A. R. Pangestu dan A. Purwanto, “Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah dan Iqro untuk Anak Berbasis Android,†EJECTS, vol. 1, no. 1, hlm. 16-21, Sept 2021.
R. Mulia Revandy dan Y. Akbar, “Pengembangan Aplikasi Edukasi Game Little Iqra Berbasis Android Menggunakan Metode MDLC,†JICOM, vol. 3, no. 1, hlm. 11–16, Apr 2022, doi: 10.33059/j-icom.v3i1.4140.
F. E. Irianto, R. Prasetya, dan S. Marti’ah, “Perancangan Aplikasi Belajar Huruf Hijaiyah Dan Baca Iqra 1 Berbasis Android Untuk Taman Kanak-kanak,†JRKT, vol. 2, no. 01, Mar 2022, doi: 10.30998/jrkt.v2i01.6483.
Widya Khafa Nofaa, Dewi Anggraini Puspa Hapsari, dan Dinda Salsabila Putri, “Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Berbasis Android,†JUIT, vol. 2, no. 1, hlm. 11–19, Jan 2023, doi: 10.56127/juit.v2i1.473.
DOI: https://doi.org/10.55340/jiu.v12i2.1633
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Editorial Address :
Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Jl. Dayanu Ikhsanuddin no.124 Baubau, Sulawesi TenggaraÂ
Jurnal Informatika by Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on work at  https://ejournal.unidayan.ac.id/index.php/JIU