Pengembangan E-Learning Dengan Augmented Reality Tumbuhan Jamur Berbasis Android

Jabal Nur, Christopol Eddy, Aswiyani Kalidupa

Abstract


Pembelajaran jamur merupakan pembelajarn biologi yang teoritis dianggap membosankan dan monoton salah satu tren teknologi terkini yang dikembangkan dalam dunia pendidikan yaitu penggunaan augmented reality sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini yaitu, sebagian besar siswa kesulitan memahami materi pembelajaran salah satunya adalah materi biologi (tumbuhan jamur). Pada pembelajaran jamur siswa memiliki minat yang kurang, tidak tertarik, atau bosan dengan tampilan 2 dimensi yang ada. Penelitian ini berujuan untuk membuat aplikasi pembelajaran tumbuhan jamur berbasis android dengan memanfaatkan teknologi augmented reality. Metode pengembangan sistem menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Penelitian ini menghasilkan sebuah Aplikasi pembelajaran tumbuhan jamur berbasis android yang dibuat dengan menggunakan teknologi augmented reality yang akan menampilkan objek 3 dimensi jamur. Pada aplikasi ini objek yang ditampilkan meliputi tampilan 3 dimensi objek jamur, tampilan objek jamur akan tampil ketika pengguna memindai marker dari hp android ke marker maka kamera akan membaca marker dari objek 3 dimensi yang secara langsung menampilkan jamur dalam bentuk 3 dimensi di layar hp pengguna. Selain itu pula hasil deteksi dari marker pada aplikasi akan menampilkan juga informasi mengenai jenis jamur yang discan pada marker mulai dari pejelasan bentuk, warna, dan kegunaannya jamur yang ditampilkan dalam format teks bahasa Indonesia, sehingga memudahkan para siswa memahami materi dari jenis-jenis jamurnya yang dipelajari.


Keywords


Augmented Reality, Android, jamur, pembelajaran

Full Text:

PDF

References


R. Hasyanti, “Keanekaragaman Jenis Jamur Kayu Di Kawasan Pucok Krueng Alue Seulaseh Sebagai Media Ajar Dalam Pembelajaran Biologi Di Sma Negeri 3 Aceh Barat Daya.” Jurnal Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, 2019. [Daring]. Tersedia Pada: Https://Repository.Ar-Raniry.Ac.Id/Id/Eprint/8086/

Hazimah Fatin Bachrum, Sugeng Purwantoro Esgs, Dan Indah Lestari, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran 3d Klasifikasi Makhluk Hidup Kingdom Monera Dan Protista Berbasis Desktop Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp),” J. Komput. Terap., Mei 2019, Doi: 10.35143/Jkt.V5i1.2127.

P. D. Setiyoko, “Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Untuk Media Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X Sma,” J. Fak. Bisnis Dan Teknol. Inf. Univ. Teknol. Yogyak., 2019, Doi: Http://Eprints.Uty.Ac.Id/4151/.

I. D. Saputra, “Analisis Implementasi Augmented Reality (Ar) Berbasis Marker-Based Tracking Sebagai Media Pembelajaran Hidroponik,” Open Science Framework, Preprint, Jul 2021. Doi: 10.31219/Osf.Io/9vgfx.

D. Agustina, A. Mardianti, Dan R. F. F. Aziz, “Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Jenis - Jenis Tanaman Herbal Berbasis Android,” J. Ikra-Ith Inform., Vol. 4, No. 3, 2020, Doi: Https://Journals.Upi-Yai.Ac.Id/Index.Php/Ikraith-Informatika/Article/View/863.

Wendy Dan Yandi Hendra, “Perancangan Augmented Reality Dalam Media Pembelajaran Sistem Anatomi Tumbuhan Sekolah Dasar Berbasis Android,” J. Inf. Syst. Technol., No. 02, 2020, Doi: Https://Journal.Uib.Ac.Id/Index.Php/Joint/Article/View/4305.

Sripian Nuna, Rizal Sengkey, Dan S. D. E. Paturusi, “Aplikasi Pembelajaran Reproduksi Tumbuhan Pada Siswa Sma Menggunakan Augmented Reality,” J. Tek. Inform., 2020, Doi: Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Informatika.

A. Triyono, Muhaqiqin, Dan M. N. D. Satria, “Aplikasi Pembelajaran Biologi Tentang Tanaman Berbasis Augmented Reality Untuk Kelas Xi,” Vol. 2, No. 1, 2021, Doi: Http://Jim.Teknokrat.Ac.Id/Index.Php/Informatika.

M. H. Muladi, Tri Listyorini, Dan Endang Supriyati, “Implementasi Augmented Reality Pada Pengenalan Tanaman Herbal Berbasis Android,” Jumintal J. Manaj. Inform. Dan Bisnis Digit., Nov 2022, Doi: Doi: Doi.Org/10.55123/Jumintal.V1i2.782.

I. Mustaqim Dan N. Kurniawan, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality,” J. Edukasi Elektro, vol. 1, no. 1, Agu 2017, doi: 10.21831/jee.v1i1.13267.




DOI: https://doi.org/10.55340/jiu.v12i2.1786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Editorial Address :

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Jl. Dayanu Ikhsanuddin no.124 Baubau, Sulawesi Tenggara 

Jurnal Informatika by Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on work at  https://ejournal.unidayan.ac.id/index.php/JIU

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.