RANCANG BANGUN E-COMMERCE PENGRAJIN EKONOMI KREATIF
Abstract
Rancang Bangun E-CommerceEkonomi kreatif merupakan suatu sistem dari kegiatan manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran, serta konsumsi barang dan jasa yang memiliki nilai budaya, estetika, intelektual dan emosional bagi pelanggan. Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Buton merupakan instansi yang mendukung, membantu serta sebagai mitra pemerintah dalam membina dan mengembangkan produk ekonomi kreatif perlu berperan aktif untuk menciptakan sebuah inovasi baru dalam hal menampung serta mengembangkan ekonomi kreatif di wilayah tersebut. Faktor yang menjadi permasalahan mengenai pemasaran ekonomi kreatif di Kabupaten Buton yaitu belum adanya sebuah sistem yang dapat menampung produk-produk hasil karya yang diciptakan oleh para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Buton. Tujuan penelitian yaitu merancang danmembuat aplikasi E-Commerceekonomi kreatif Kabupaten Butonyang dapat digunakan untuk pemasaran produk ekonomi kreatif secara online. Metode penilitian yaitu Analisis kebutuhan sistem E-Commerce Desain sistem model bahasa PHP, CSS, MySQL, XAMPP, jQuery. Tahapan Implementasi penerapan pada objek ekonomi kreatif kabupaten buton dan melakukan Uji coba pada pelaku ekonomi kreatif serta melakukan maintenence pada pemeliharaan aplikasi E-Commerce. Hasil penelitian ini yaitu dengan memanfaatkan aplikasiyang dibuat, pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Buton dapat memperluas jaringan pemasaran sehingga meningkatkan nilaipandapatan para pelaku ekonomi kreatif.
Keywords
Full Text:
LIHAT PDFReferences
Wiji, S., (2015). Pengembangan Electronic Commerce Dalam Proses Meningkatkan UKM Pada Dekranasda Kabupaten Pringsewu. Expert-Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi. (Vol. 05. No. 02). ISSN : 2088-5555.
Sandy, K. (2015). Perancangan Sistem E-Commerce Untuk Memperluas Pasar Produk Oleh-Oleh Khas Pontianak. Jurnal SNASTIA. Vol. 1, No. 2. ISSN 1979-3960.
Fajar, A., (2015), Sistem penjualan kain khas Palembang berbasis web pada CV. Cikal Arung Persada. Skripsi Sistem Informasi. STMIK MDP. Palembang.
Andriariza, Y., (2016). Identifikasi Aplikasi E-Komunitas Industri Kreatif Sektor Kerajinan Dekranasda Kota Bogor. Penelitian Pos dan Informatika. (Vol. 6 No. 1). ISSN: 2476-9266.
Rusdiana, L., (2016. Pemodelan Desain Sistem Informasi Pengolahan Data Produk Dekranasda Provinsi Kalimantan Tengah Menggunakan UML. Jurnal Informatika dan Komputer (JIKO) (Vol. 1 No. 1). ISSN: 2674-9261.
Departemen Perdagangan Republik Indonesia. (2009). Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025, Jakarta : Departemen Perdagangan Republik Indonesia
Jony, W., (2010). Internet Marketing for Beginners. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Nugroho. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML & Java. Yogyakarta : Andi Offset.
Sukamto dkk., (2013). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.
Sibero, Alexander F.K. (2011). Kitab Suci Web Programming. Yogyakarta: Mediakom.
Arief, M.R., (2011). Pemrograman Web Dinamis Menggunakan Php dan Mysql. Yogyakarta: Andi Offset.
DOI: https://doi.org/10.55340/jiu.v10i2.698
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Editorial Address :
Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Jl. Dayanu Ikhsanuddin no.124 Baubau, Sulawesi TenggaraÂ
Jurnal Informatika by Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on work at  https://ejournal.unidayan.ac.id/index.php/JIU