Aplikasi Media Pembelajaran Sejarah Indonesia untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android
Abstract
Pada proses belajar mengajar guru di SDN 3 Nganganaumala mengalami kesulitan dalam meningkatkan minat belajar siswa terlebih dalam mengenalkan tentang sejarah Indonesia. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat media Edukasi Sejarah Indonesia berbasis Android pada SD Negeri 3 Nganganaumala. Aplikasi dibuat menggunakan pemrograman berbasis android studio dan database firebase, cara kerja aplikasi adalah dengan memasukkan nama murid dan akan langsung masuk kedalam aplikasi untuk mengakses materi, video dan soal latihan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi android yang dapat membantu guru sebagai media pembelajaran untuk mengenalkan sejarah Indonesia kepada murid sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Giavanni, K. D. S & Eviyanti. A. 2016. Media Pembelajaran Sejarah Kerajaan di Indonesia T-Low (Tak Lekang Oleh Waktu) Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Ahmad. D. J. 2017. Digital Learning Based Story Telling Model Untuk Pembelajaran Sejarah. Seminar Nasional Riset Terapan, Serang. ISSN : 978-602-73672-1-0.
Adli, I., & dkk. 2018. Perancangan Dan Pembuatan Visual Novel Sejarah Kh. Ahmad Dahlan Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, ISSN : 2477-2062.
Tahel, F., & Ginting, E. 2019. Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis Berbasis Android. Vol. 09, No. 02, E-ISSN : 2541-335X
Suandi, A., & Pamungkas, P. D. A. 2019. Multimedia Interaktif Pembelajaran IPS Kelas 7 Berbasis Android Pada MTS Al-Wasliyah Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, Vol. 04, No. 02, E-ISSN : 2540-8984.
Putri, D. B & dkk. 2019. Rancang Bangun Aplikasi Pendukung Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IIPS) Sekolah dasar Berbasis Andriod. Universitas Mataram, Vol. 1, No. 1, ISSN : 2657-0327.
Makkih, F & dkk. 2020. Pengembangan Media Setara Berbasis Android Pada Pembelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Di Indonesia Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Vo. 8, No. 3. E-ISSN : 2614-6061, P.ISSN.2527-4295
Purnama, H & Alfian, A. N. 2021. Penerapan Augmented Reality Sebgai Media Pembelajaran Sejarah Indonsia Berbais Android di SD Negeri Jatimulaya 11. Informatics For Educators And Profesionals. Vol. 6, No. 11. E-ISSN: 2548-3412
Hasibuan, A. M., & dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Vol. 11, No. 2. Elementery School Journal.
Permana, I. M. J., & Sujana, I. W. 2021. Aplikasi Pembelajaran IPS Berbasis Pendekatan Konstektual. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 5, No. 1, Singaraja, Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.55340/jiu.v12i1.964
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Editorial Address :
Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Jl. Dayanu Ikhsanuddin no.124 Baubau, Sulawesi TenggaraÂ
Jurnal Informatika by Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on work at  https://ejournal.unidayan.ac.id/index.php/JIU