PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DAN TAKE AND GIVE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika antara yang diajar dengan metode pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) danTake and give. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Metode Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dan Take And Give terhadap pemahaman konsep matematika. Variabel dalam penelitian ini yaitu metode pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dan metode pembelajaran Take and Give sebagai variabel bebas serta pemahaman konsep matematika siswa sebagai Variabel Terikat. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : (1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan metode pembelajaran RME sebesar 81,41 dan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Take and Give sebesar  69,06 (2) berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai ð‘¡= 5,06 dengan nilai 𛼠= 0,05, dengan demikian ð»Â 0 ditolak dan ð»Â 1 ℎ ð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘”
diterima yang berarti terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika antara yang diajar dengan metode RME dan Take and Give. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) lebih efektif daripada metode pembelajaran Take and Give terhadap pemahaman konsep siswa.
Kata kunci: model pembelajaran, model pembelajaran realistic mathematic education (RME), model pembelajaran take and give.
Full Text:
LIHAT PDFReferences
Afgani, D.J. 2011. Analisis Kurikulum Matematika Edisi 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hadi, Sutarto & Kasum, M.U. 2015. Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). Jurnal
Pendidikan Matematika. Volume 3. Nomor 1, April 2015. Hal: 59 – 66.
Hadi,S. 2017. Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Haryono,D. 2014. Filsafat Matematika. Bandung: CV Alfabeta.
Hobri. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jember: Center for Society Studies.
Ningsih, Seri. 2014. Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. JPM IAIN Antasari.
Vol. 01. No. 2 Januari – Juni 2014. Hal. 7394.
Sarina. 2017. Perbandingan Model Pembelajaran Interaktif Seting Kooperatiaf (Pisk) Dan Model Pembelajaran Langsung
Pada Prestasi Belajar Matematika Kelas VIII SMP Negeri 1 Baubau. Skripsi. Baubau: Universitas Dayanu Ikhsanuddin.
Sagala, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Tim Depdiknas Kalsel. 2004. Pedoman Penyelenggaraan Ujian Akhir Sekolah dan Ujian Akhir Nasional Bagi Sekolah/Madrasah Tahun pelajaran 2013/2014 Provinsi Kalimantan Selatan. Banjarmasin: Dinas Pendidikan pemerintah provinsi Kalimantan Selatan.
Thoifah,I. 2015. Statistika Pendidikan Dan Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Refika Aditama.
Thoifah, I. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Malang: Madani (kelompok instran publishing).
Refbacks
- There are currently no refbacks.