ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENEYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada pokok bahasan lingkaran yang fokus utamanya terletak pada kesalahan prinsip, konsep dan
prosedur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan memberikan soal untuk dianalisis kesalahannya dan dilakukan proses wawancara untuk memperdalam hasil temuan kesalahan yang dialami
oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas VIII SMPÂ adalah: (1) di dalam penguasaan konsep, siswa masih mengalami kesulitan dalam menentukkan diketahui
dan ditanyakan, serta simbol untuk mempresentasikan konsep, dengan rata-rata persentase kesalahan sebesar 71,43%; (2) siswa masih mengalami kesulitan dalam penguasaan prinsip yaitu dalam menentukan
rumus luas dan keliling lingkaran, dengan rata-rata persentase kesalahan sebesar 72,93%; (3) siswa masih mengalami kesulitan dalam prosedur yang menyebabkan kesalahan yang beruntut, dengan rata-rata
persentase kesalahan sebesar 73,68%.
Kata kunci: analisis kesalahan, soal matematika, lingkaran
Full Text:
LIHAT PDFReferences
Akib, Irwan. (2001). Analisis Kesulitan Mahasiswa Matematika Dalam Memahami Konsep-konsep Dalam Struktur Aljabar.
Eksponen Vol. 3. No. 2 Hal. 143. Makassar:JurusanMatematika FMIPA UNM.
Balitbang dan Puspendik (2018), Laporan Hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018.
Hamida, Wa. (1999). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Kelas II SMU Kartika Jaya
Kendari. Kendari: Universitas Haluoleo.
Nurkomala, M. 2002. Analisis Kesalahan Siswa Kelas III Caturwulan 3 Tahun Pelajaran 2000/2001 pada SLTP N 02 Cipaku Kabupaten Ciamis dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Pokok Bahasan Pola Barisan dan Bilangan,
Skripsi, tidak diterbitkan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.