ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BAUBAU DALAM MENYELESAIKAN SOAL POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI

Anwar Anwar, Ramdan Ramdan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas X SMA Negeri 2 Baubau dalam menyelesaikan soal permasalahan nyata materi trigonometri; 2) mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas X SMA Negeri 2 Baubau melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal permasalahan nyata materi trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 2 Baubau dengan jumlah 25 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 2 Baubau pada saat
mengerjakan soal yang berkaitan dengan permasalahan nyata materi trigonometri, yaitu: a) kesalahan dalam penggunaan data (28,33%), b) kesalahan dalam penafsiran bahasa (11,66%), c) kesalahan dalam
penggunaan teorema atau definisi (30%), d) penyelesaian yang tidak diperiksa kembali (11,66%), e) kesalahan perhitungan (18,33%); 2) berdasarkan wawancara faktor yang menyebabkan siswa melakukan
kesalahan yaitu: a) siswa hanya belajar pada saat pelajaran di sekolah, b) siswa hanya sekedar menghafal rumus, c) siswa tidak melatih diri dalam  menyelesaikan soal-soal latihan, d) siswa kesulitan dalam
memilih rumus yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal, e) siswa tidak paham materi pada soal yang diberikan, f) siswa tidak menghafal rumus, g) siswa kurang memahami dasar-dasar pehitungan, misalnya merasionalkan akar, h) siswa tidak mengetahui alur penyelesaian soal, i) siswa tidak teliti dalam melakukan perhitungan, j) siswa terburu-buru dalam menyelesaikan soal, k) siswa tidak memahami informasi yang diketahui dalam soal, l) siswa hanya terpaku pada satu rumus, m) siswa bingung saat mentrasformasi data ke dalam bentuk gambar, n) siswa kurang lengkap dalam menuliskan rumus.

Kata kunci: analisis kesalahan, trigonometri, matematika


Full Text:

LIHAT PDF

References


Anitah, W.S., dkk (2008). Strategi Pembelajaran Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Basrowi, & Suwandi (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Fuad, Ihsan (2003). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Helma, & Edison (2017). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa Untuk Penerapan Bahan Ajar Kontekstual Mengintegrasikan Pengetahuan Terkait. ISSN 2579-860X. Vol 1. Hal 86-92. Jurnal Eksakta Pendidikan.

Putri, Bibiana (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X.2 SMA Stella Duce Bantul Tahun Ajaran 2015/2016 Dalam

Menyelesaikan Masalah Nyata Materi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.