PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI MEAN ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 BATAUGA
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan strategi Mean Ends Analysis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 1 Batauga. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment menggunakan teknik random sampling yaitu pengambilan sampel dari 6 kelas yang ada diambil 2 kelas secara acak dalam populasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen sebanyak 22 orang dan siswa kelas VIIIB sebagai kelas kontrol sebanyak 22 orang di SMP Negeri 1 Batauga. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Batauga yang bertujuan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika setelah siswa melaksanakan proses pembelajaran metematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan postest. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penghitungandengan menggunakan independent samples test diperoleh nilai thitung sebesar 2,052 dengan nilai signifikan sebesar 0,04 lebih kecil dari 0,05 (5%) maka hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh nilaiposttes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menerapkan pendekatan Strategi Mean Ends Analysis (MEA) diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 80,90, sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pendekatan
konvesionaldiperoleh nilai rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 75,00. Ini berarti kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menerapkan pendekatan Strategi Mean Ends Analysis (MEA) lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pendekatan konvesional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan strategi Mean Ends Analysis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 1 Batauga.
Kata kunci: Mean Ends Analysis, MEA, kemampuan pemecahan masalah, pemecahan masalah matematika
Full Text:
LIHAT PDFReferences
Ahmad, MarzukidanAsmaida Seri. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk pembelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal elektronik. volume 6 hal. 374 diakses pada tanggal 17
April 2018.
Ahmad, Supendi, dkk. 2016. Model Means End
Analysis Direct instruction Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa. Jurnal elektronik. Diakses pada
tanggal 16 Maret 2018.
Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan: Metode Dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ari kunto, S. 1992.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Fadillah, Syarifah. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal elektronik. Diakses padahttp://eprints.uny.ac.id pada tanggal 14 April 2018.
Famela, Yulita. 2015. Kemampuan Memecahkan Masalah Melalui Strategi Means Ends Analysis pada Materi Differensial di Kelas XI IPA MAN Model Banda Aceh. Jurnal elektronik. Diakses pada http://www.jurnal.unsyiah.ac.id pada tanggal 16 Maret 2018.
Ghozali, imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 Edisi Kelima.Semarang: Universitas Diponegoro.
Janti, S. 2014. Analisis Validitas Dan Realibilitas Dngan Skala Likert Terhadap Pengembangan SI/TI Dalam Penentuan Pengamilan Keputusan Strategic Planning Pada Industri Garmen. Abstrak Hasil Penelitian Manajemen Informatika, AMIK BSI JAKARTA. Yogyakarta: Lembaga Penelitian.
Maulidar, R. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Explicit Intruction Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII Mtss Gumpueng Pidie.Skripsi, tidak
dipublikasikan. Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darusalam. Diakses pada http://media.neliti.com pada tanggal 16
Maret 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.