SUMMARIZING TASK AND ITS IMPACT ON STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT AT NINTH GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 8 BUTON TENGAH

Baharuddin Baharuddin

Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tugas merangkum terhadap prestasi menulis siswa kelas sembilan di SMP Negeri 8 Buton Tengah. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan desain eksperimental yang digunakan untuk menguji kemampuan siswa di kelas eksperimen yang dihasilkan dari pengajaran menulis melalui tugas meringkas dan kemampuan siswa di kelas kontrol yang dihasilkan dari pengajaran menulis dengan teknik konvensional. Subjek penelitian ini adalah 44 siswa SMP Negeri 8 Buton Tengah. Data penelitian dikumpulkan melalui pre-test dan post-test. Instrumen penelitian ini adalah tes menulis. Data dianalisis secara statistik. Setelah menganalisis data, ditemukan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari prestasi menulis siswa yang diajarkan melalui meringkas tugas dibandingkan dengan metode konvensional pada siswa kelas sembilan di SMP Negeri 8 Buton Tengah. Itu bisa dilihat dari hasil penelitian sig. atau p 0,013 < α = 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan tugas meringkas dapat meningkatkan prestasi menulis siswa siswa kelas sembilan SMP Negeri 8 Buton Tengah.

Kata kunci: Tugas merangkum, prestasi, siswa, eksperimen


Full Text:

PDF

References


Balitbang. (2005). Panduan Ujian Praktik Bahasa Inggris. Jakarta: Depdiknas.

Brown, H.D. (2001). Teaching by Principle: An Interactive Approach to Language Pedagogy 2nded. SanFransisco: Longman.

__________. 2004. Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New York: Pearson Education.

Buckley, J. (2004). Fit to Print: The Canadian Student’s Guide to Essay Writing 6thed. Toronto: Nelson.

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting and evaluating quantitative and qualitative research 4th

Ed. Boston: Pearson Education Inc.

Harmer, J. (2001). How to teach English. England: Pearson.

________. (2004). How to Teach Writing. England: Pearson.

Hacker, D. (2008). A Canadian Writer’s Reference .4thed. Boston:

Bedford/St.Martin’s.

Khoshsima & Nia. M.R (2014). Summarizing strategies and writing

ability of Iranian intermediate EFL students. International Journal of Language and Linguistics. Vol. 2, No. 4, 2014 (263-272).

Nation, I.S.P. (2009). Teaching EFL/ESL Reading and Writing. New York: Routledge.

Nunan, D. (1989). Designing Task for the Communicative Classroom. Cambridge: Cambridge University

Press.

_________. (1991). Language Teaching Methodology. Cambridge:

Cambridge: University Press.

Richards, J.C. & Renandya, W.A. (2002). Methodology in Language

Teaching. United Kingdom: Cambridge Press University.

Sorenson, S. (2010). Webster’s New World: Students Writing Handbook, Fifth Edition. Canada: Wiley Publishing, Inc.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kombinasi (Mixed methods).

Bandung: Alfabeta.

________. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitative dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Susar, F. & N. Akkaya, (2009). University students for using the summarizing strategies. Social and Behavioral Sciences, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.