PENGARUH PENERAPAN FUDIWUS (FUNNY STUDI WITH WOLIO MUSIC) DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan FUDIWUS (Funny Study with Wolio Music) ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Katobengke. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy eksperimental) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas V SD Negeri 2 Katobengke yang tersebar dalam 2 kelas paralel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 21 siswa dan V B yang berjumlah 20 siswa tahun ajaran 2018/2019. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan uji Prasyarat yang terdiri atas uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh penerapan FUDIWUS (Funny Study with Wolio Music) ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri 2 Katobengke. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t= -2,812 dan nilai sig. (2-tailed) 0,008 < 0,05, artinya H 0 hitung ditolak. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh penerapan FUDIWUS (Funny Study
with Wolio Music) ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri 2 Katobengke.
Kata kunci: FUDIWUS, funny study, wolio music, prestasi belajar, belajar matematika
Full Text:
LIHAT PDFReferences
Anni, 2010. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Ditinjau Dari Prestasi Belajar Siswa. Economic Education Analisis Journal. No. 1: Vol. 1: 165. Issn 2252-6544.
Baidah. 2010. Pengaruh Musik Instrumental Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Yogyakarta:
Universitas Negeri Yogyakarta.
Daryanto. 2010. Belajar dan mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya.
Depdiknas. 2006. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournamen (TGT) Ditinjau Dari Kemandirian Belajar dan Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Peserta Didik SMP N 1 Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, Vol. 1 No. 1, 2014, artikel 2.
DePorter, 2005. Pengaruh Musik Instrumental Dalam Pembelajaran Ditinjau Dari Hasil Belajr Matematika Siswa.
Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Febriani, A. 2017. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Ditinjau Dari Minat dan
Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri1 Batauga Kabupaten Buton Selatan. Skripsi, tidak dipublikasikan. Baubau: Universitas Dayanu Ikhsanuddin.
Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Salemba empat.
Gunawan. 1998. Pengaruh Musik Instrumental Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Gunawan, W & Adi. 2004. Genius Teaching Strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Hasimas, M. 2004. Pengaruh Musik Klasik Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Di MAN 4 Pondok Pinang. Jakarta: UIN
Tarbiah Hidayatullah.
Janti, S. 2014. Analisis Validitas dan Realibilitas dengan Skala Likert Ditinjau Dari Pengembangan S1/TI Dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning Pada Industri Garmen. Abstrak Hasil Penelitian Manajemen Informatika, AMIK BSI JAKARTA. Yogyakarta: Lembaga penelitian.
Kamtini, 2005. Pengaruh Musik Instrumental Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Masnun dan sudarman, 2010. Pengaruh Penggunaan Media Musik Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Pada Bidang Studi
Matematika. Jurnal elektronik, No.2: Vol. 2:107 –113.
Mitha, W.N. 2017. Pengaruh Kepercayaan Diri Ditinjau Dari Prestasi Belajar Matematika Siswa Di Smp Negeri 1 Batauga. Skripsi, tidak dipublikasikan. Baubau: Universitas Dayanu Ikhsanuddin.
Riduwan. 2006. Metode & Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Slameto. 2010. Belajar & faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suherman, 2003. Pengaruh Musik Instrumental Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sukirman, dkk. 2001. Pengaruh Penggunaan Media Musik Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Pada Bidang Studi Matematika.
Jurnal elektronik, No.2: Vol. 2: 107 –113. [19] Wibisono, Y. 2005. Metode statistik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.