PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP LOGARITMA PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BAUBAU

Nurianti Nurianti

Abstract


Tujuan dari pendekatan open-ended untuk membantu mengembangkan kegiatan kreatif dan pola pikir matematis siswa melalui problem solving secara simultan. Dengan kata lain kegiatan kreatif dan pola pikir matematis siswa harus berkembang semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan setiap siswa. Selain Itu tujuan dalam Penulisan jurnal ini untuk mendiskripsikan pelaksanaan pendekatan pembelajaran open-ended yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep logaritma pada siswa kelas X SMKN 1 Baubau. Kesimpulan dari isi jurnal ini adalah guru mengelompokkan siswa, Pengelompokan ini bertujuan agar siswa dapat saling bertukar informasi dan berdiskusi untuk
menyelesaikan soal terbuka berhubungan dengan materi yang akan dipelajari melalui lembar aktivitas siswa (LAS) kepada siswa, agar siswa dapat menggunakan dan menyampaikan cara atau jawaban sesuai
dengan kemampuan dan pengetahuan mereka dalam menyelesaikan soal tersebut. Sehingga siswa dengan sendirinya dapat membangun konsep logaritma dan sifat-sifat logaritma serta Siswa mengeksplorasi soal
terbuka yang diberikan melalui lembar aktivitas siswa (LAS) pada tiap kelompok untuk diselesaikan dengan cara diskusi. Dalam diskusi kelompok siswa diharapkan mampu memahami, mengkomunikasikan
ide dan menyelesaikan soal sesuai dengan kemampuan dan pemahaman ilmu pengetahuan siswa.

Kata kunci: open-ended, pemahaman konsep, logaritma


Full Text:

LIHAT PDF

References


Anderson, Orin W, Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. New York: David CcKay Company Inc.

Dewi Puspitaningrum. 2007. Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Dengan Pendekatan Open-Ended Pada Siswa Kelas

X SMA Negeri 1 Pleret Bantul. Skripsi: FMIPA UNY.

Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Solo: RINEKA CIPTA.

Edy Suranto. 2005. Matematika Bisnis dan Manajemen. Wonogiri: yudhistira.

Erman Suherman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hamzah B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Herman Hudojo. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Maman Abdurahman. 2004. Memahami Matematika SMK Tingkat 1. Bandung: ARMICO.

Pardjadi, dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakatra: lembaga Penelitian UNY.

Sahid. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) IDIK 4008. Yogyakarta: Universitas Terbuka UPBJJ Yogyakarta.

Suharsimi Arikunto. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Subanu. 1983. Micro Teaching Serangkuman Latihan Mengajar. Salatiga: IKIP Kisten Satya Wacana.

Susilo. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: PUSTAKA BOOK PUBLISHER


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.