Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JURNAL INFORMATIKA?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

FORMAT PENULISAN ARTIKEL Jurnal Informatika

Ketentuan Umum

  1. Artikel yang diterima adalah belum pernah dipublikasikan di media manapun (jurnal atau prosiding) atau tidak dalam status diterima, atau tidak sedang dikirim ke media publikasi lain.
  2. Artikel yang dikirimkan berupa hasil penelitian, artikel ulasan (review), atau ulasan di bidang informatika ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  3. Artikel dikirimkan dalam bentuk *.doc atau *.docx melalui website ejournal (OJS) pada laman https://ejournal.unidayan.ac.id/index.php/JIU untuk kemudian diperiksa oleh Editor dan di review oleh pakar sesuai bidang ilmu Informatika.
  4. Artikel dilampirkan dengan surat pernyataan keaslian dari penulis yang menyatakan bahwa artikel tersebut benar-benar karya sendiri dan tidak mengandung plagiarisme (maksimal 20%).

Sistematika Penulisan

  1. Artikel diketik dengan Ms. Word maksimal 10 halaman, dengan aturan 1 spasi pada kertas ukuran A4 dengan font Times New Roman ukuran 11, dan ditulis 1 kolom. Penulis minimal 1 orang.
  2. Penulisan artikel harus menggunakan model Introduction, Methods, Results and Discussion (IMRAD). Artikel terdiri dari Judul (maksimal 15 kata), Nama Penulis dan Afiliasi, lengkap dengan email dari masing-masing penulis, Abstrak (100-200 kata), Kata Kunci (3-5 kata), Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan (dan saran jika ada), Ucapan Terima Kasih (jika diperlukan) dan Referensi.
  3. Gunakan template Jurnal Informatika untuk gaya penulisan.
  4. Kutipan: semua daftar pustaka, gambar, tabel, dan persamaan harus dikutip dalam naskah. Hindari penggunaan kalimat: seperti berikut, seperti di bawah, dan sebagainya. Kutipan langsung mengacu pada objek yang dituju.

Syarat Penulisan Artikel:

  1. Judul terdiri dari 10-15 kata dan harus ditulis secara singkat, jelas, dan mewakili isi artikel menggunakan format Title Case.
  2. Nama penulis ditulis lengkap tanpa gelar, afiliasi (nama lengkap institusi dan negara asal), dan alamat email masing-masing penulis (jika penulis korespondensi bukan penulis pertama, harap beri tanda * di akhir nama penulis yang dituju).
  3. Abstrak, Terdiri dari 100-200 kata dan berisi tentang latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan.
  4. Kata kunci terdiri dari 3-5 kata/frase.
  5. Pendahuluan memuat kondisi atau masalah yang melatarbelakangi atau menginspirasi pelaksanaan kegiatan penelitian, data yang mendukung penelitian dari artikel lain. Pada bagian pendahuluan harus disampaikan analisis masalah yang dilakukan, dan paragraf terakhir berisi tujuan penelitian. Tinjauan teoritis dapat disisipkan dalam pendahuluan untuk memperkuat landasan teori penelitian yang dilakukan.
  6. Metode, menjelaskan secara rinci rancangan dan langkah-langkah penelitian yang dilakukan.
  7. Pada bagian ini, Penulis tidak diperkenankan untuk menuliskan definisi dari konsep atau teori yang digunakan.
  8. Hasil dan Pembahasan menggambarkan hasil penelitian yang membahas perbedaan antara hasil dengan teori atau penelitian lain yang relevan. Penjelasan dapat menggunakan tabel, gambar, dan bagan yang memudahkan pembaca memahami isi artikel.
  9. Kesimpulan: ditulis secara singkat dalam 1 paragraf yang menggambarkan kesimpulan penelitian dan saran dari temuan dalam penelitian (jika diperlukan).
  10. Ucapan terima kasih (jika ada) disampaikan kepada lembaga atau orang yang sangat membantu penelitian, misalnya kepada penyandang dana penelitian. Tidak diperkenankan mengucapkan terima kasih kepada salah satu penulis.
  11. Referensi: Daftar pustaka dan kutipan ditulis dengan gaya IEEE (minimal 10 referensi yang mendukung penulisan artikel). Bibliografi dan kutipan dianjurkan menggunakan perangkat lunak pengelola referensi (rekomendasi: Mendeley atau zotero) untuk memudahkan penyuntingan dan peninjauan.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice


 licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.