Aplikasi Anatomi Hewan Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android

Asniati Asniati, Henny Hamsinar, Dodiman Dodiman, Nur Alfiana

Abstract


Anatomi merupakan salah satu dasar ilmu yang mempelajari tentang struktur marfologis dari organisme makhluk hidup. Media pembelajaran yang banyak digunakan hanya berupa buku teks dan gambar pembelajaran belum berjalan dengan maksimal, dimana informasi yang ingin disampaikan sering terjadi ketidaksesuaian dengan pemahaman siswa, sedangkan pelatihan dan tugas tidak bervariasi dikarenakan keterbatasan materi. Tujuan penelitian ini Untuk merancang media pembelajaran IPA berbasis argmented reality pada materi pengenalan anatomi tubuh hewan. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara Metode observasi, teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mengamati secara langsung lokasi penelitian yaitu di Sekolah Dasar Negeri 85 Buton, Metode wawancara, melakukan tanya jawab secara langsung kepada narasumber dalam hal ini guru terkait materi pengenalan anatomi hewan pada pembelajaran IPA, Metode studi pustaka dilakukan untuk menunjang metode observasi dan wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memadukan seluruh materi yang berhubungan dengan topik penelitian yang diperoleh melalui buku-buku, jurnal dan referensi yang berkaitan. Hasil penelitian ini yaitu aplikasi pengenalan anatomi tubuh hewan Vertebrata dan Invertebrata menggunakan augmented reality berhasil di rancang bangun. Informasi yang ditampilkan hanya berupa Janis hewan Vertebrata hewan bertulang belakang (katak, kura-kura, burung elang, kelinci, kelelawar, ayam dan dinosaurus) dan jenis hewan Invertebrata (Cumi-cumi, laba-laba, kupu-kupu, gurita, bintang laut, bulu babi dan siput).


Keywords


(Augmented Reality; anatomi; hewan; vertebrata).

Full Text:

PDF

References


Krisdiawan, dan Ramdhany, T. (2018). “Implementasi Algoritma Fisher Yates Pada Game Aplikasi Pengenalan Hewan Untuk Anak SD Berbasis Android”. Skripsi. Teknik Informatika. Fakultas Teknik Komputer Bandung.

Wanasuria, Ismawan, F. dan Heriyati. (2020). Aplikasi Pengenalan Anatomi Tubuh Manusia Berbasis Android. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika. Vol.01.

Saputra, M (2020). Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Pengenalan Hewan Berbasis Android Bagi Siswa Sekolah Dasar. Skripsi. Teknik Informatika. Fakultas Teknik Dan Komputer. Batam.

Satria, E., Rahayu, S. dan Jubaedi. (2021). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Anatomi Tubuh Pada Manusia Berbasis Android. Jurnal Algoritma. Vol. 19. No. 1. E-SSN:2303-7329. P-ISSN:1412-3622.

N. M. A. Fitriani dan I. G. A. Negara, “Pengembangan Aplikasi Daring Pembelajaran IPA Pada Pokok Bahasan Organ Gerak Manusia,” Mimb. PGSD Undiksha, vol. 9, no. 1, hlm. 82, Mar 2021, doi: 10.23887/jjpgsd. v9i1.31989.

Hendrian, R. Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Invertebrata Laut. Skripsi. Biologi. Fakultas Tabiyah Dan Ilmu Keguruan. Batusangakat.

Wijaya, I. M. P. P. (2022). Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Hewan Berbasis Android Menggunakan Library Victoria. Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika. Vol.5. No.2. E-ISSN:2622-6375. P-ISSN:2622-6901.

Mahfudh, Nur’aini, S., Wibowo, N. C. H., Kusnanto, C. (2022). Aplikasi Media Pembelajaran Klasifikasi Hewan Vertebrata Menggunakan Augmented Reality Dengan Marker Based. Journal Of Information Technology. Vol.4. No.2. E-ISSN:2715-0143. P-ISSN:2714-9048.

Khairiah, U. (2022). Game Edukasi Pengenalan Anatomi Berbasis Android Untuk Anak Menggunakan Metode Role Playing. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Vol.6. No.1. E-ISSN:2694-1950.

Juliansyach, M. D. (2023). Aplikasi Augmented Reality pengenalan hewan untuk anak usia dini berbasis android. Jurnal Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan. Vol.2. No. 1. E-ISSN:2809-8544.




DOI: https://doi.org/10.55340/jiu.v13i2.2152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Editorial Address :

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Jl. Dayanu Ikhsanuddin no.124 Baubau, Sulawesi Tenggara 

Jurnal Informatika by Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on work at  https://ejournal.unidayan.ac.id/index.php/JIU