RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENALAN BUDAYA WAKATOBI BERBASIS ANDROID

La Atina La Atina, Azlin Azlin, Lisna Wati

Abstract


Wakatobi dihuni oleh komunitas homogen yang terkenal di empat pulau besar, yaitu Pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Kebudayaan di keempat pulau tersebut juga memiliki kebudayaan yang hampir sama. Hal ini dikarenakan pengaruh budaya Islam yang masuk ke Wakatobi. Wakatobi merupakan salah satu kawasan barata dari empat bharata di kesultanan Buton, yaitu Kaedupa bharata. Sebagai salah satu bharata, Wakatobi tentunya masih memiliki keterkaitan budaya dengan kesultanan Buton . Dalam perkembangan teknologi, informasi yang diberikan oleh media masih minim dan kurang terpercaya. Hal ini menyebabkan sebagian masyarakat wakatobi belum melihat budaya di wakatobi.Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun Aplikasi Mengenal Budaya Wakatobi Berbasis Android agar masyarakat dan pengunjung Wakatobi dapat lebih mudah mendapatkan informasi melalui Android. Pada aplikasi ini pengguna dapat dengan mudah melihat informasi mengenai budaya-budaya apa saja yang ada di wakatobi yang berbeda-beda dan menarik untuk disimak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian data dengan wawancara, wawancara, dan metode kepustakaan kemudian analisis menjadi langkah-langkah pembuatan aplikasi.


Keywords


Wakatobi, Budaya, Android.

Full Text:

LIHAT PDF

References


Nurcahya, SD. 2017. Teknik Game Edukasi Pengenalan Pakaian Adat di Indonesia sebagai Media Pembelajaran Anak Usia 6-8 Tahun. p-ISSN: 1979-276X, e- ISSN: 2502-339X.

Muizzah, L. 2017. Aplikasi Pengenalan Budaya Madura Berbasis Android. ISSN: 2477-0078.

Parlika, R., Anggreini, DN., Syafriansyah, M., Alhakim, R., dan Faradhila, Y. 2018. Educational Game for Introducing Indonesian Culture on Android Platform. Volume 3, No. 2. P-ISSN: 2502-3470, E-ISSN: 2581-0367.

Permana, B., Hidayat, EW., Dan Rahmatulloh, A. 2018. Aplikasi Ensiklopedia Pakaian Adat Berbasis Android. Volume 03, No. 02. ISSN: 2477-5126, e-ISSN: 2548-9356.

Mamahit, RI., Tulenan, V., dan Paturusi, S. 2017. Rancangan Aplikasi Scramble Word Game untuk Pengenalan Budaya Minahasa. Volume 11, No. 1. ISSN: 2301-8364.

Arifudin, HR., Dan Yanto, B. 2017. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Seni Budaya Lagu Macapat Berbasis Android. Volume 1, No. 1. E-ISSN: 2579-5317.

Ramadhan, HF., Sitorus, SH., Dan Rahmayuda, S. 2019. Game Edukasi Pengenalan Kebudayaan dan Pariwisata Kalbar Menggunakan Mesin Metdoe Finite State Berbasis Android. Volume 07, No. 1. ISSN 2338-493X.

Hozeng, S., dan Syam, S. 2017. Aplikasi Pengenalan Budaya Khas Toraja (Ukiran) Berbasis Android. ISSN: 2302-3805.

Arifudin, HR., Dan Yanto, B. 2017. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Seni Budaya Lagu Macapat Berbasis Android. Volume 1, No. 1. E-ISSN: 2579-5317.

Yulisman., Dan Serdiansah. 2019. Aplikasi Pengenalan Budaya di Provinsi Riau Berbasis Android. Volume 2, No. 3. ISSN: 2654-3788, e-ISSN: 2654-4229.




DOI: https://doi.org/10.55340/jiu.v11i1.378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Editorial Address :

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Jl. Dayanu Ikhsanuddin no.124 Baubau, Sulawesi Tenggara 

Jurnal Informatika by Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on work at  https://ejournal.unidayan.ac.id/index.php/JIU