RANCANG BANGUN GAME EDUKASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENDIDIKAN PENGENALAN HEWAN TERNAK DI SD NEGERI 2 LAOMPO

Muhammad Mukmin, Asniati Asniati, Nurul Hidayah, Rosdiana Rosdiana

Abstract


Sekolah Dasar Negeri 2 Laompo merupakan salah satu sekolah dasar yang terletak di Kelurahan Laompo, Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara. Siswa-siswi pada SD Negeri 2 Laompo masih terbatas untuk mengetahui hewan apa saja yang bisa diternakan, oleh karena itu diperlukan media pembelajaran membantu merangsang imajinasi dan kreativitas mereka mengenai macam-macam hewan ternak sehingga dapat menunjang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun aplikasi game edukasi Augmented Reality untuk pengenalan hewan ternak. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data, observasi, metode pustaka, analisis data dan jenis data. Penelitian ini menghasilkan aplikasi game edukasi dan augmented reality untuk Pendidikan pengenalan hewan ternak di SD Negeri 2 Laompo yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran siswa, dimana siswa dapat secara langsung melihat tampilan objek hewan ternak berbentuk 3 dimensi (3D) dan dapat mengenal hewan ternak dengan game edukasi.

Keywords


(Augmented Reality; Hewan Ternak; Media Pembelajaran).

Full Text:

PDF

References


Dwariani, M.T., Sugihartini, T, & Santyadiputra, G.S. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Mamalia Laut Berbasis Virtual Reality Terhadap Prestasi Belajar Anak Kelompok B di TK Negeri Banjar. International Journal of Natural Sciences and Engineering. Vol.4, No.1, ISSN 2549-6395.

Febriansyah, M.H., Kurniawan, A.P, & Susanti, F. 2021. Aplikasi Macam-Macam Hewan Serta Jenis Makanannya Untuk Siswa Paud Berbasis AR (Augmented Reality). Vol. 7, No. 6, ISSN : 2442-5826.

Karundeng, C.O., Mamahit, M.J & Sugiarso, B.A. 2018. Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Satwa Langka di Indonesia Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Teknik Informatika. Vol.14, No.1, ISSN : 2301-8364

Nugraha, B.A., Akbar, R.E, & Gunawan, R. 2019. Penerapan Augmented Reality pada Pengenalan Hewan Nokturnal. Generation Journal. Vol.3, No.2, ISSN: 2549-2233.

Pratama, T., Rahmanto, Y, & Putra, A.D. 2022. Aplikasi Pembelajaran Hewan Reptil Berbasis Augmented Reality. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak. Vol. 3, No. 1, ISSN 2723-3367.

Riskiono, S.D., Susanto, T, & Kristianto. 2020. Augmented reality sebagai Media Pembelajaran Hewan Purbakala. Jurnal Teknik Informatika. Vol.8, No.1, ISSN : 2658-5836.

Sari dkk. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Smart Board Berbasis Augmented Reality Untuk Pengenalan Hewan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. Vol. 9, No.1, ISSN: 2528-3553.

Syahputra, A., Andryana, S, & Gunaryati, A. 2020. Aplikasi Augmented Reality (AR) dengan Metode Marker Based sebagai Media Pengenalan Hewan Darat pada Anak Usia Dini menggunakan Algoritma Fast Corner Detection (FCD). Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), ISSN: 2580-1643.

Utami, F., Rukiyah, & Andika, W.D. 2021. Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality pada Materi Mengenal Binatang Laut. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.5, ISSN : 2549-8959.

Wibowo, D.W., Triswidrananta, O.D & Putri, M.H. 2021. Augmented Reality sebagai Alat Pengenalan Hewan untuk Media Pembelajaran dengan Metode Multiple Marker. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI). ISSN : 2460-3732




DOI: https://doi.org/10.55340/jiu.v13i2.2137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Editorial Address :

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Jl. Dayanu Ikhsanuddin no.124 Baubau, Sulawesi Tenggara 

Jurnal Informatika by Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on work at  https://ejournal.unidayan.ac.id/index.php/JIU