Perancangan Aplikasi Mitigasi Bencana Alam Berbasis Augmented Reality
Abstract
Bencana alam menimbulkan dampak yang signifikan terhadap sektor ekonomi, sosial, dan lingkungan, serta dapat menyebabkan korban jiwa dalam jumlah besar. Namun, masih banyak masyarakat yang belum memahami cara mengenali gejala alam maupun langkah yang harus diambil sebelum dan saat terjadi bencana. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi mitigasi bencana alam berbasis Augmented Reality (AR) sebagai media edukasi untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode waterfall, yang meliputi tahapan analisis, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi edukatif yang menyajikan informasi mengenai langkah-langkah pencegahan dan prosedur evakuasi bencana alam dalam bentuk visualisasi 3D berbasis Augmented Reality. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran interaktif yang efektif dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap mitigasi bencana.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
M. Roziqin dan I. A. Astuti, “PEMBUATAN PROTOTYPE AUGMENTED REALITY SEBAGAI LANGKAH MITIGASI BENCANA GUNUNG MERAPI,” INFOS J. - Inf. Syst. J., no. 1, 2019, doi: https://ojs.amikom.ac.id/index.php/INFOSJournal/article/view/2421/0.
R. Sadewa, D. Andreswari, dan A. Erlansari, “PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA EMBELAJARAN BENCANA TANAH LONGSOR UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR,” J. Rekursif, vol. 7, no. 2, 2019, doi: http://ejournal.unib.ac.id/index.php/rekursif/.
D. Nurdiana, “Pengembangan Augmented Reality Sebagai Media Edukasi Pengetahuan Bencana Alam Gunung Berapi,” J. Manaj. Inform. JAMIKA, vol. 10, no. 2, hlm. 122–132, Okt 2020, doi: 10.34010/jamika.v10i2.2639.
D. Prasetyo dan O. Dwi Wahyurini, “Perancangan Augmented Reality Media Edukasi Protokol Kesehatan Berbasis Permainan Papan,” Pixel J. Ilm. Komput. Graf., vol. 14, no. 2, hlm. 216–224, Des 2021, doi: 10.51903/pixel.v14i2.554.
M. I. A. Fatih dan H. Tantriawan, “Aplikasi Pengenalan Bencana Sebagai Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Augmented Reality: Disaster Recognition Applications As a Learning Media Using Augmented Reality Technology,” MALCOM Indones. J. Mach. Learn. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, hlm. 73–84, Agu 2021, doi: 10.57152/malcom.v1i1.89.
Y. Pradana dan R. Oktavian, “Perancangan Augmented Reality sebagai Media Edukasi Gempa Bumi,” J. Teknol. Dan Rekayasa Manufaktur, vol. 3, no. 1, hlm. 35–44, Apr 2021, doi: 10.48182/jtrm.v3i1.68.
A. Fortuna dkk., “Rancang Bangun Model Prototipe Media Pembelajaran Mitigasi Bencana Berbasis Augmented Reality Sebagai Sarana Pendidikan Kebencanaan,” PAKAR Pendidik., vol. 21, no. 1, hlm. 44–57, Jan 2023, doi: 10.24036/pakar.v21i1.287.
N. Ulfah, K. P. Dewi, U. A. Dahlan, dan U. A. Dahlan, “AUGMENTED REALITY TIPE QR CODE: PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA MITIGASI BENCANA ALAM DI ERA DIGITAL,” J. Pros. Semin. Nas. Pendidik. Guru Sekol. Dasar 2020, 2020, doi: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/40049.
Wanda Listiani, Sri Rustiyanti, Fani Dila Sari, dan Ibg. Surya Peradantha, “APLIKASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM KONSERVASI SITUS WARISAN BUDAYA DAN MITIGASI BENCANA GUNUNG GALUNGGUNG JAWA BARAT INDONESIA,” J. Budaya Nusant., vol. 4, no. 2, hlm. 242–247, Jun 2021, doi: 10.36456/b.nusantara.vol4.no2.a4054.
M. K. I. Mahendra, I. G. P. Sindu, dan D. G. H. Divayana, “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Book 2 Dimensi Sub Tema Lingkungan Alam di PAUD Telkom Singaraja,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform. KARMAPATI, vol. 10, no. 1, hlm. 1, Mar 2021, doi: 10.23887/karmapati.v10i1.30217.
DOI: https://doi.org/10.55340/jiu.v14i1.2203
Refbacks
- There are currently no refbacks.
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Editorial Address :
Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Jl. Dayanu Ikhsanuddin no.124 Baubau, Sulawesi Tenggara
Jurnal Informatika by Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on work at https://ejournal.unidayan.ac.id/index.php/JIU