Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android untuk Pengenalan Flora dan Fauna Endemik Indonesia pada Siswa Sekolah

Azlin Azlin, Arif Syam, Christopol Eddy, Almin Almin

Abstract


Indonesia memiliki beragam flora dan fauna  yang perlu dilestarikan. Salah satunya dengan menjadikan pengetahuan tentang flora dan fauna sebagai salah satu pengetahuan dan informasi. Namun, proses pembelajaran yang ada di Indonesia sering kali terbatas pada materi teks dan gambar yang kurang menarik, sehingga mengurangi minat dan pemahaman siswa. Teknologi augmented reality (AR) menawarkan solusi inovatif untuk meningkatkan pengalaman belajar dengan cara menghadirkan objek virtual yang interaktif dan lebih realistis ke dalam dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi berbasis android yang memanfaatkan teknologi AR untuk memperkenalkan flora dan fauna endemik Indonesia secara lebih menarik dan interaktif. Aplikasi ini dirancang dengan fitur yang memungkinkan siswa untuk melihat objek flora dan fauna secara 3D dan berinteraksi langsung dengan objek tersebut menggunakan perangkat Android. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi perancangan aplikasi, pengembangan perangkat lunak, dan uji coba untuk mengukur efektivitas aplikasi dalam meningkatkan pemahaman siswa. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah terciptanya aplikasi edukasi yang dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam mengenal flora dan fauna endemik Indonesia melalui media yang lebih menarik dan interaktif.


Keywords


(Augmented Reality; Flora dan Fauna Endemik; Pembelajaran; Aplikasi Android; Siswa Sekolah).

Full Text:

PDF

References


Tengor, Paseru, dan Sanger, “APLIKASI PENGENALAN SATWA ENDEMIK PULAU SULAWESI BERBASIS AUGMENTED REALITY,” J. Ilm. Realt., vol. 15, no. 1, hlm. 25–32, Apr 2019, doi: 10.52159/realtech.v15i1.78.

Raharjo, S. Adi Wibowo, dan M. Orisa, “IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN HEWAN ENDEMIK INDONESIA BERBASIS ANDROID,” JATI J. Mhs. Tek. Inform., vol. 4, no. 1, hlm. 382–388, Sep 2020, doi: 10.36040/jati.v4i1.2302.

Albani, A. Rachman, dan R. A. Kurniawan, “PERANCANGAN ANIMASI 2D EDUKASI PENGENALAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA,” J. Muara Ilmu Sos. Hum. Dan Seni, vol. 6, no. 3, hlm. 599–605, Jul 2023, doi: 10.24912/jmishumsen.v6i3.18809.2022.

M. I. Akbar, Purwandari, dan Susilo, “IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY FLORA DAN FAUNA LAUT KOTA BENGKULU BERBASIS MARKER TRACKING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR,” J Rekursif vol. 8, no. 2, 2020.

Wardani dan Samsugi, “PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TUMBUHAN BUNGA LANGKA DI LINDUNGI (STUDI KASUS: KELAS IV SDN 03 SIDODADI),” J. Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak vol. 2, no. 4, 2021.

Juliansyach, “APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID,” SIBATIK J. J. Ilm. Bid. Sos. Ekon. Budaya Teknol. Dan Pendidik., vol. 2, no. 4, hlm. 1155–1166, Mar 2023, doi: 10.54443/sibatik.v2i4.753.

Tarigan dan Simanjuntak, “Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Tanaman Hias Berbasis Android,” J. Teknik Informatika Unika ST. Thomas vol. 08, 2023.

Suharyanto, J. R. P. No, dan Setu, “Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Untuk Pengenalan Hewan Endemik”. J. Ilmu Komputer JIK vol. IV, 02, 2021.

Wijaya, “APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN LIBRARY VUFORIA,” J. Sist. Inf. Dan Inform. Simika, vol. 5, no. 2, hlm. 173–181, Agu 2022, doi: 10.47080/simika.v5i2.2220.

Rasapta, “PENERAPAN VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN HEWAN ENDEMIK BERBASIS ANDROID,” JORAPI: J. Of Research and Publication Innovation vol. 1, no. 3, 2023.




DOI: https://doi.org/10.55340/jiu.v14i1.2323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Editorial Address :

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Jl. Dayanu Ikhsanuddin no.124 Baubau, Sulawesi Tenggara 

Jurnal Informatika by Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on work at https://ejournal.unidayan.ac.id/index.php/JIU