Pengenalan Anatomi Tubuh Manusia Berbasis Augmented Reality Untuk Laboratorium Biologi

Helson Hamid, Muhammad Mukmin, La Ode Muhammad Iqbal

Abstract


Penurunan minat siswa terhadap kunjungan ke laboratorium biologi menjadi isu yang perlu mendapat perhatian dalam konteks pembelajaran sains di sekolah. Faktor-faktor seperti keterbatasan alat peraga, metode pembelajaran yang kurang interaktif, serta rendahnya inovasi dalam penyampaian materi turut berkontribusi terhadap permasalahan ini. Laboratorium sendiri memiliki peran krusial dalam membantu siswa memahami konsep-konsep abstrak, termasuk struktur anatomi tubuh manusia. Anatomi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari struktur internal dan eksternal tubuh manusia. Pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR) menawarkan pendekatan inovatif yang dapat meningkatkan ketertarikan siswa sekaligus memfasilitasi pemahaman materi secara visual dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi AR sebagai media pembelajaran anatomi tubuh manusia bagi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Wangi-Wangi. Metode yang digunakan adalah pendekatan Research and Development (R&D), yang mencakup tahapan perancangan objek tiga dimensi menggunakan perangkat lunak Blender, pengelolaan marker melalui platform Vuforia, serta pengembangan aplikasi berbasis Unity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi AR yang dikembangkan dapat menampilkan objek anatomi tubuh manusia dalam bentuk tiga dimensi secara interaktif, dan berpotensi menjadi media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa.

Keywords


(Anatomi; Augmented Reality; Laboratorium; Pembelajaran; Media Interaktif).

Full Text:

PDF

References


I. D. Perwitasari, “Teknik Marker Based Tracking Augmented Reality Untuk Visualisasi Anatomi Organ Tubuh Manusia Berbasis Android,” Intecoms, Vol. 1, No. 1, Hlm. 8–18, Mar 2018, Doi: 10.31539/Intecoms.V1i1.161.

A. Latif Dan S. H. D. Loppies, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Aplikasi Pembelajaran Anatomi Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Berbasis Android (Studi Kasus: Smp Muhammadiyah Merauke,” Mustek Anim Ha, Vol. 8, No. 2, Hlm. 141–147, Agu 2019, Doi: 10.35724/Mustek.V8i2.2676.

R. Wanasuria, F. Ismawan, Dan H. Heriyati, “Aplikasi Pengenalan Anatomi Tubuh Manusia Berbasis Android,” Jrami, Vol. 1, No. 1, Hlm. 59–65, Feb 2020, Doi: 10.30998/Jrami.V1i01.185.

Y. S. Nauko Dan L. N. Amali, “Pengenalan Anatomi Tubuh Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android,” Jji, Vol. 3, No. 2, Hlm. 66–76, Nov 2021, Doi: 10.37905/Jji.V3i2.11720.

M. Efendi, M. Shodiq Am, A. Kurniawan, M. A. Nazaruddin, Dan R. A. Rosyidi, “Pengembangan Bahan Belajar Anatomi Fisiologi Berbasis Teknologi Augmented Reality,” Jo, Vol. 7, No. 2, Hlm. 68–73, Nov 2021, Doi: 10.17977/Um031v7i22021p68-73.

I. Ahmad, S. Samsugi, Dan Y. Irawan, “Penerapan Augmented Reality Pada Anatomi Tubuh Manusia Untuk Mendukung Pembelajaran Titik Titik Bekam Pengobatan Alternatif,” Jti, Vol. 16, No. 1, Hlm. 46–53, Jan 2022, Doi: 10.33365/Jti.V16i1.1521.

F. Gianadevi Dan R. I. Napitupulu, “Media Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia Berbasis Augmented Reality,” Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 6, No. 1, Hlm. 8497–8507, 2022.

K. Kaharuddin, Y. Pernando, M. Marfuah, Dan M. Kh, “Aplikasi Augmented Reality (Ar) Sebagai Media Pembelajaran Sistem Rangka Manusia,” Josh, Vol. 4, No. 4, Hlm. 1168–1175, Jul 2023, Doi: 10.47065/Josh.V4i4.3685.

A. Sidauruk, M. Sulistiyono, Dan M. T. Nurcholis, “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Pengenalan Anatomi Tubuh Berbasis Android Di Sekolah Dasar,” Batara Wisnu Journal : Indonesian Journal Of Community Services, Vol. 3, No. 1, Hlm. 42–55, 2023.

R. Meilinda, D. Sartika, Dan N. Suhandi, “Aplikasi Pengenalan Anatomi Sistem Pencernaan Pada Tubuh Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” Jseci, Vol. 1, No. 1, Hlm. 1–14, Jun 2023, Doi: 10.36982/Jseci.V1i1.3043.




DOI: https://doi.org/10.55340/jiu.v14i1.2384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Editorial Address :

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Jl. Dayanu Ikhsanuddin no.124 Baubau, Sulawesi Tenggara 

Jurnal Informatika by Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on work at https://ejournal.unidayan.ac.id/index.php/JIU