PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI BERBASIS ANDROID PENGENALAN BUAH-BUAHAN

Fithriah Musadat, Ahmad Maulid Asmiddin, Darmawati Darmawati

Abstract


Taman Kanak-Kanak Tunas Bahari merupakan pendidikan anak usia dini yang berlokasi di Kelurahan Bone-Bone, Kecamatan Batupoaro di Kota Baubau. Dalam hal ini media pembelajaran buah-buahan masih menggunakan metode konvensional seperti buku untuk melihat bentuknya dalam 2D. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat aplikasi pengenalan jenis buah-buahan berbasis Augmented Reality yang menampilkan objek 3D. Aplikasi ini dibuat menggunakan Android Studio sedangkan model 3D nya menggunakan Blender. Pengujian aplikasi menggunakan metode Blackbox. Penelitian menghasilkan sebuah aplikasi android dengan teknologi Augmented Reality sebagai media pembelajaran pengenalan jenis buah-buahan untuk menambah media pembelajaran yang digunakan selama proses belajar mengajar guna menarik minat belajar anak usia dini serta memberikan pengalaman yang berbeda dalam menerima materi pengenalan buah.

Keywords


Augmented Reality, Buah-Buahan, pengenalan

Full Text:

LIHAT PDF

References


Irsyadi A & Rohmah N. 2017. Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Game Edukasi Bagi Anak Autis Tingkat Sekolah Dasar Di Rumah Pintar Salatiga. Jurnal SIMETRIS. Vol. 8, No.1. ISSN : 2252-4983.

Saefudin M dan Ekasari H. 2017. Aplikasi Pembelajaran Fauna Endemik Indonesia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal SIMETRIS. Vol.8. No. 1.

ISSN : 2252-4983

Makambahe A, Kaparang R & Mewengkang A. 2018. Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Huruf Berbasis Augmented Reality (AR). Engineering Education Journal. Vol. 6, No. 3. ISSN : 2337-5892.

Mubaraq R, Kurniawan H dan Saleh A. 2018. Implementasi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Buah-Buahan Berbasis Android. IT Journal. Vol.6. No.1. ISSN : 2252-746X.

Pranomono A & Setiawan D. 2019. Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan. INTENSIF. Vol.3. No.1. ISSN 2580-409X.

Taufikurrahman A, Wibowo A & Zahro Z. 2020. Aplikasi Pengenalan Buah-Buahan Untuk Anak Usia Dini Dalam 3 Bahasa Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. JATI (Jurnal Mahasiswa Tekni Informatika). Vol. 4, No. 1.

Christian A & Rosnelly R. 2020. Perancangan Aplikasi Pengenalan Komponen Laptop Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. IT Journal. Vol. 8. No. 2. ISSN : 2252-746X.

Pratama A. 2020. Media Edukasi Pembelajaran 3D Hewan Dan Buah Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Computers and its Applications Journal. Vol.3. No. 2. ISSN : 2622-7983 online. ISSN : 2622-7746 print.

Maelani Y, Irawan Y dan Suharso A. 2021. Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Dalam Mengenal Buah-Buahan. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J- SAKTI). Vol.5. No.2. ISSN 2548-9771/EISSN: 2549-7200.

Bun Y dan Pangaribuan H. 2021. Edukasi Pengenalan Buah Buahan Dalam Bahasa Iggris Melalui Augmented Reality Berbasis Android. Universitas Putera Batam. Vol.04. N0.02. ISSN 27156265.




DOI: https://doi.org/10.55340/jiu.v11i1.879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Editorial Address :

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Jl. Dayanu Ikhsanuddin no.124 Baubau, Sulawesi Tenggara 

Jurnal Informatika by Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on work at  https://ejournal.unidayan.ac.id/index.php/JIU