RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN ALAT-ALAT OPTIK BERBASIS AUGMENTED REALITY
Abstract
Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata yang telah di aplikasikan dalam android. Augmented Reality banyak digunakan dalam berbagai bidang salah satunya sebagai sarana pendidikan untuk siswa dalam membuat media pembelajaran yang lebih objektif dan efisien saat dalam kelas maupun diluar kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah sistem Aplikasi Media Pembelajaran Alat-Alat Optik Berbasis Augmented Reality Pada Siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara. Aplikasi di buat menggunakan pemograman unity, blender dan android. Unity dan blender di gunakan untuk admin dan android di gunakan untuk pengguna. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem Aplikasi Media Pembelajaran Alat-Alat Optik Berbasis Augmented Reality yang dapat digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
LIHAT PDFReferences
Apriliani, Ira., Imas Ratna Ermawati., dan Mirza Nur Hidayat. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Teknologi Augmented Reality Menggunakan Metode Jan Den Akker Pada Materi Alat Optik. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. Volume 5, No 1. ISSN : 2338-1027.
Putri, Wenggita Maulani., Fauzi Bakri., dan Andreas Handjoko Permana. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Augmented Reality Pada Pokok Bahasa Alat Optik. Prosiding seminar nasional fisika (E-Journal) SNF2016. Volume 5. p-ISSN : 2339-0654, e-ISSN : 2476-9398.
Siahaan, Aris Dermawan., Rosane Medriati., dan Eko Risdianto. 2019. Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar II Menggunakan Teknologi Augmented Reality Pada Materi Rangkaian Listrik Dan Optik Geometris. Jurnal Kumparan Fisika. Volume 2, No 2. Hal : 91-98. ISSN : 2685-1806, e-ISSN : 2655-1403.
Prasetio, Agus., Nurhadi., Mulyadi. 2019. Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Tata Surya Berbasis Android Pada SD Negeri 139/IV Kota Jambi. Processor : Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Sistem Komputer. Volume 14, No 2. P-ISSN : 1907-6738, E-ISSN : 2538-0082.
Wahyuni, Eko Sri., Yokhebed. 2019. Deskripsi Media Pembelajaran Yang Digunakan Guru Biologi Sma Negeri Di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. Volume 8, Nomor 1. P-ISSN : 2089-2802, E-ISSN : 2407-1536. DOI:10.31571/saintek.v8i1.1105.
Mahpudin, Asep., dan Evan Farhan WahyuPuadi. 2018. Rancang Bangun Augmented Reality (Ar) Berbasis Android Untuk Pengembangan Media Pembelajaran Fisika. Seminar Nasional Edusaintek. ISBN : 978-602-5614-35-4.
Asry, Asyraful Insani. 2019. Penerapan Augmented Reality Dengan Metode Marker Based Tracking Pada Market Rumah Virtual. Jurnal Informatika. Volume 1, No 2. e-ISSN : 2686-1917, p-ISSN : 2657-0653.
Mahendra, Ida Bagus Made. 2016. Implementasi Augmented Reality (AR) Menggunakan Unity 3d Dan Vuporia SDK. Jurnal Ilmiah. Volume 9, No 1. ISNN : 1979-5661.
Stevenres, Bentelu Alan., Steven Sentinuwo., dan Oktavian Lantang. 2016. Animasi 3 Dimensi Pencegahan Cyber Crime (Studi Kasus : Kota Manado). E-Journal Teknik Informatika. Vol 8, no 1.
Limbong Elia, Virginia Tulenan & Yaulie Rindengan. 2017. Rancang Bangun Animasi 3 Dimensi Budaya Passiliran. Jurnal Teknik Informatika, Volume 10, Nomor 1.
DOI: https://doi.org/10.55340/jiu.v11i1.958
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Editorial Address :
Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Jl. Dayanu Ikhsanuddin no.124 Baubau, Sulawesi TenggaraÂ
Jurnal Informatika by Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on work at  https://ejournal.unidayan.ac.id/index.php/JIU